Jelang 25 Tahun Dompet Dhuafa Berkiprah

            Mungkin hampir semua pernah mendengar tentang lembaga Dompet Dhuafa ya, DBers? Saya pribadi cukup sering berkurban Iduladha melalui Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba (nonprofit) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat Infak Sedekah Wakaf). Lembaga ini bersifat independen untuk menjaga kepercayaan publik. Seluruh dananya halal, legal, dan masuk akal. Tidak main-main, Dompet Dhuafa mendapatkan perhargaan dari Baznas (Badan Zakat Nasional) kategori lembaga dengan administrasi dan pengoperasian dana terbaik.

Tahun ini Dompet Dhuafa genap berusia 25 tahun. Program-programnya terbilang sukses. Dompet Dhuafa memiliki 17 cabang dan perwakilan dalam negeri, 5 cabang layanan kesehatan cuma-cuma, 5 rumah sakit, 4 sekolah, 7 outlet Dayamart, 1 De Fresh, 11 unit bisnis, sebagian besar pertumbuhan merupakan hasil pendekatan Dompet Dhuafa terhadap khasanah budaya lokal. Budaya lokal tidak cuma budaya berkesenian. Ada budaya bercocok tanam, budaya pengobatan, dan budaya bermasyarakat, misalnya. Usia 25 tahun bukan perjalanan yang pendek, namun juga tak serta merta menjadikan teman-teman tim Dompet Dhuafa jemawa dengan pencapaiannya.

Pada acara Public Expose 2018, Laporan Kinerja Dompet Dhuafa Tahun 2017 yang berlokasi di Gado-Gado Boplo, Jakarta Pusat (30/1), drg. Imam Rullyawan, MARS (Direktur Utama Dompet Dhuafa Philanthropy), menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa baru mampu menyentuh sekitar 1,76 juta penduduk miskin di Indonesia. Kira-kira masih ada 29 juta penduduk miskin di Indonesia yang belum tersentuh oleh Dompet Dhuafa maupun lembaga lain. Perlu diketahui, Indonesia merupakan negara tertinggi ke-4 di dunia dalam hal kesenjangan ekonomi. Inilah tanggung jawab kita. Inilah ladang amal kita. Seandainya saja para muslim berzakat 2,5% dan nonmuslim juga ikut berinfak/bersedekah, lalu dikalikan dengan jumlah 130 juta penduduk ekonomi kelas menengah, hasilnya sekitar Rp15,8 triliun sebulan.   

Public Expo 2018

drg. Imam Rullyawan, MARS

Kaum dhuafa tidak bisa disentuh dari satu sisi ekosistem pemberdayaan kaum dhuafa saja, seperti kesehatan, pendidikan, atau ekonomi, melainkan harus dari semua sisi. Sentuhan ini seyogianya mampu mengubah mereka menjadi sosok yang mandiri dan berkembang.

Hal ini dibuktikan oleh Dompet Dhuafa saat menjalankan program M3 (Mustahik – Move - Muzakki). Pada masa 2–3 tahun lalu, sebagian orang datang ke Dompet Dhuafa sebagai mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Berkat pemberdayaan Dompet Dhuafa, kini mereka datang sebagai muzakki (orang yang wajib membayar zakat). Masya Allah. Terhitung dari tahun 2004 – 2017 Dompet Dhuafa punya 200 program.  

Dompet Dhuafa memiliki 2 pilar, yakni Dompet Dhuafa Philanthropy dan Dompet Dhuafa Social Enterprise. Prinsipnya ya itu tadi mengatasi masalah sosial dengan pendekatan berwirausaha. Ibarat kata, menolong dengan cara memberikan kail bukan ikan. Jangan sampai dhuafa yang yang telah terangkat perekonomiannya kembali jatuh miskin.

Penerima manfaat Dompet Dhuafa bukan cuma muslim dan muslimah di Indonesia, melainkan dari suku, agama, ras lain juga. Contohnya, ketika Meksiko mengalami bencana, Dompet Dhuafa hadir memberikan bantuan ke sana.

Para dhuafa diberikan modal dan didampingi oleh tim Dompet Dhuafa selama sekian tahun. Berdasarkan pengalaman, jika tidak didampingi, modal bakal amblas tanpa hasil apa-apa. Salah satu contoh dhuafa yang sukses adalah Kang Suherman dari Cipanas. Usaha rumahan beliau telah merambah ke level industri.      

DBers nonmuslim yang mampu bisa berwakaf melalui Dompet Dhuafa dan nonmuslim yang tidak mampu bisa menerima manfaat dari Dompet Dhuafa. Semoga Dompet Dhuafa terus maju melangkah ke-25 tahun kedua, ketiga, keempat, dst. Dompet Dhuafa membuka peluang berkolaborasi dengan berbagai pihak demi bersinergi memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin. [] Haya Aliya Zaki


Public Relation Dompet Dhuafa Philanthropy Building
Jl. Buncit Raya Ujung no. 18 Jakarta Selatan
Up. Corcorn Dompet Dhuafa Bani Kiswanto (085770424310)
Website     : www.dompetdhuafa.org
Instagram  : @dompet_dhuafa
Facebook   : dompet dhuafa
        


No comments