Cewek Matre vs Cewek Rasional

Jika mendengar kalimat “cewek matre”, apa yang ada di benak kalian, DBers? Apakah cewek matre adalah cewek yang suka morotin pasangannya seperti yang diungkapkan dalam lagu Cewek Matreyang pernah dipopulerkan oleh penyanyi Black Skin dulu? Di dalam lirik lagu tersebut dikatakan bahwa cewek matre adalah cewek yang hanya mementingkan harta. Materi is number one!

Cewek matre dicap negatif di mata masyarakat. Matre berasal dari kata “materi”. Berarti cewek matre adalah cewek yang mengukur segala sesuatunya dengan materi. Apa yang membedakan cewek matre dengan cewek rasional? Berikut penjelasannya.

Pastinya cewek matre memandang segala sesuatunya dari segi materi atau harta, sedangkan cewek rasional mensyukuri apa yang telah mereka terima. Ketika cewek matre diberi materi, selanjutnya mereka akan ketagihan dan meminta, sedangkan cewek rasional cenderung tidak.

Cewek matre biasanya tidak peduli akan situasi, mereka bergaya hidup mewah di atas kemampuan. Mereka hobi menghabiskan uang sesegera mungkin. Cewek rasional? Mereka nyaman menjadi diri sendiri. Eits, jangan salah, menjadi diri sendiri itu bukan berarti kere lho, tapi lebih tahu diri saja. Cewek rasional berpikir untuk jangka panjang. Sebagian cewek rasional mengaku bahwa mereka menyukai barang-barang bermerek karena kualitasnya. Barang berkualitas tentu lebih tahan lama. Ini juga cara berpikir jangka panjang, kan? Yang penting barang tersebut bukan didapat dari hasil meminta paksa kepada pasangan.



Bagaimana dengan cewek yang sering dibelikan barang-barang bermerek berharga mahal oleh pasangannya? Apakah mereka bisa disebut cewek matre? Contoh, hampir setiap hari seorang cewek dibelikan barang mahal oleh pasangannya. Si cewek tidak merasa jadi cewek matre karena dia tidak pernah meminta. Pasangannya membelikan barang mahal tersebut karena sayang dan merasa mampu.

Cewek matre menganggap sebelah mata kepada pasangan yang belum mampu mencukupi kebutuhan mereka, meskipun pasangan mereka sedang dalam perjalanan ke arah sukses. Sebaliknya, cewek rasional sangat menghargai pasangan mereka yang ingin menggapai kesuksesan. Mereka akan mensuport perjuangan pasangan mereka dari awal. Di situlah letak perbedaannya. Cewek matre akan meninggalkan pasangan mereka jika merasa pasangan mereka sudah tidak mampu lagi.

Kalau boleh saran, para cowok sebaiknya berpikir realistis. Carilah pasangan yang tidak banyak menuntut, khususnya dari segi materi. Seandainya tidak, di saat nanti kalian tidak mampu memenuhi lagi, kalian harus siap-siap ditinggalkan.

So, apa pendapat kalian tentang cewek matre dan cewek rasional, DBers? J [] Dewi Sulistiawaty

1 comment

  1. Nah ini dia! Banyak yang masih bias membedakan antara cewek matre dan rasional. Parahnya, malah digeneralisasi T_T

    ReplyDelete